tafsir ilmi

Apakah yang dimaksud dengan Ayat-ayat Sains dalam Al-Qur’an

Ayat-ayat sains itu adalah salah satu mu’jizat terbesar yang kita bisa temukan dalam ayat-ayat Al-Qur’an.

Apakah yang dimaksud dengan Ayat-ayat Sains dalam Al-Qur’an

yang dimaksud dengan ayat-ayat sains dalam Al-Quran ini adalah ayat-ayat yang terbukti secara ilmiah dalam sains moderen, artinya ayat-ayat ini dibenarkan dalam kajian-kajian keilmuan tertentu misalnya kelautan, biologi, fisika, kimia dst, dimana selanjutnya proses pengkajian dan penelitian ini selanjutnya memunculkan satu metode atau satu model kajian tafsir baru, yang kemudian kami istilahkan dengan tafsir ilmi, dengan tajuk ayat-ayat sains Al-Qur’an.
Fenomenanya adalah ayat-ayat ini telah disampaikan sekitar 15 abad yang lalu kepada sesorang yang tidak bisa membaca dan bahkan tidak bisa menulis. Tapi mengapa bisa mengungkapkan fenomena-fenomena alam, disini timbullah pertanyaan yang besar dimana bayak dari ayat-ayat tersebut sangatlah cocok dengan apa yang dimunculkan atau dihasilkan oleh ilmu pengetahuan pada abad 21 ini.

Mengapa kita perlu melihat tafsir ilmi atau ayat-ayat sains dalam Al-Qur’an ini

Pernahkah kita melihat dan berfikir pada seekor unta yang hidup ditengah lautan padang pasir yang gersang itu, mengapa unta memiliki kantung air, mengapa unta tidak terperosok kedalam pasir yang dia lewati, mengapa mata unta tidak dimasuki oleh pasir walaupun terkena badai, mengapa bisa semuanya di desain sedemikian rupa.
Mengapa ada bibir, mengapa ada alis mengapa semuanya terdesain sedemikian rupa. Semua penciptaan yang ada didiri kita ini terdapat nilai keindahan, fungsi dan ada pula nilai ekonominya karena ada orang yang hidup dari mata, ada orang yang hidup dari alis, ada orang yang hidup dari hidung, artinya menguasai bidang tersebut sehingga menjadi nilai ekonomi tersendiri dan juga terdapat nilai hidayah dari ayat-ayat kauniah yang ada.

Marilah kita bersama-sama mentafakkuri ayat-ayat qouliah dan kauniah agar kita dapat menjadi insan yang bermanfaat bagi bangsa dan agama.

Wallahu A’lam Bishawab

Rating: 4.3. From 12 votes.
Please wait...

Tafsir Staff

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *